Kamis, 19 Februari 2015

Another Chapter (-KACA MATA-), "PREMAN"

Ini adalah salah satu chapter yg bakal ada di naskah (calon) buku gue. Kenapa judulnya "Preman", karena sepanjang gue napas dari orok sampe gue lulus SMU, hidup gue pasti ada aja berurusan sama preman.
Nah yang satu ini adalah kisah gue pertama kalinya berurusan sama Preman. Ini kisah jaman gue SD.
Nanti kisah2 urusan gue sama preman lainnya, bakalan gue susun lagi.
Jadi dinikmatin aja cerita gue yg satu ini.. Enjoy it!




Preman

Elo semua pasti pernah ngalamin bermasalah sama yang namanya premanisme sekolah. Yup, fenomena buruk yang ada sampe saat ini seakan menjadi turunan genetis di lingkup sekolah, mulai dari tingkat dasar sampe menengah tingkat atas. Di tiap tingkat sekolah, tiap angkatannya, bahkan tiap kelasnya selalu punya ‘pentolan’ yang jadi momok bagi anak-anak cupu.
Yang gue telaah dari fenomena tersebut yaitu, preman-preman tersebut hanya berani nge-bully yang lemah secara berkelompok. Seseorang dianggap pentolan preman karena punya modal nekat, nggak takut berantem, dan sering bikin masalah disekolah. Bukan karena punya otak, apalagi siswa teladan. Bukan.
Yang mencengangkan, baik itu kubu cowok maupun cewek, masing-masing punya pentolan. Seperti di masa SD gue dulu. Angkatan gue dulu, kubu cowok dikuasai pentolan kakak beradik kembar identik. Sama-sama punya wajah identik, dan sama-sama berkepala botak. Bukan Upin - Ipin. Bukan pula Maman ‘no tulen’ Suherman – Dedy Corbuzier. Nama mereka Sudarman - Suparman. Mereka mengaku kalo mereka adalah anggota genk “Ares”, alias singkatan dari Anak Rese. Anak Bekasi jaman 90an pasti tau genk ini.
Yang berbeda dari mereka berdua adalah: Sudarman lebih kalem, toleran, tapi gampang dibo’ongin. Sedangkan Suparman banyak tingkah, kasar, tapi feelingnya tajam, susah banget buat dibo’ongin.
Gue pun pernah termasuk sasaran bully mereka. Bukan karena gue pinter atau berkantong tebel. Tapi gue dulu bocah yang satu-satunya di SD gue terkenal punya kemampuan beladiri. Ya, jaman gue dulu, sangat jarang ada anak kecil yang mau belajar beladiri. Hal itulah yang bikin gue sering dibully selalu ditantang duel, dengan opsi “Harta atau duel-satu-lawan-keroyokan”.
Sebagai bocah yang punya kecerdasan dengan level ‘kalo-laper-makan, kalo-haus-minum-aer-keran’, gue selalu menghindari terjadinya duel konyol tersebut. Seringkali sisa duit jajan gue dipalak mereka. Tapi diantara keduanya, Sudarman lebih “manusiawi”. Kadang kalo gue bilang, “Duit gue buat ntar nabung di Bu Guru” atau “Duit gue udah gue pake buat beli Mercy” Sudarman pasti ngerti. Dia cuma bilang, “Yaudah deh gapapa. Tapi besok kasih gue dobel ya!” ( -_-‘)

Lain cerita lagi dikelas gue. Sebenarnya di tiap kelas ada pentolan masing-masing. Nah di kelas gue, di kubu cowok ada temen gue yang namanya Nanang. Bocah satu itu belagak sok preman, tapi kalo diancem sama si Kembar Ahli Sundul doi nangis. Nanang ini sengaja selalu milih duduk sebangku sama sahabat gue dari TK, namanya Ageng. Ageng ini salah satu anak pinter disekolah gue. Jadi ga heran kalo Nanang selalu pengen sebangku sama dia. Tiap saat Nanang bisa copy-paste jawaban soal dari Ageng. Tapi sebagai sahabat yang baik, gue selalu bela Ageng kalo sampe Nanang macem-macem sama sahabat gue itu.
Nanang ga pernah berani macem-macem ke Ageng apalagi gue. Karena dia tau gue bisa beladiri waktu itu. Tapi urusannya beda sama pentolan dari kubu cewek di kelas gue. Namanya Wulan. Cewek berkulit sawo mateng ini emang terkenal tomboy dan tingkahnya yang suka usil. Doi  kalo mau usil ga pandang ‘elo-siapa-gue-cantik’, semua pernah jadi korban. Mulai dari yang suka angkat-angkat rok temen cewek didepan cowok, nempel permen karet sembarangan, sampe berantem sama cowok pernah.
Berantem sama cowok? Ya!
Dan cowok itu. Adalah. Gue.

Siang itu pas bubar pulang sekolah, cuaca lagi panas-panasnya. Maklum aja, Bekasi. Hehehe. Sebelum keluar kelas, Wulan emang keliatan banget kambuh usilnya. Dengan modal selembar kertas, doi coret-coret kertas itu pake pensil. Kertas yang kotor coretan pensil, ditambahin sama remahan kapur yang ada di penghapus papan tulis. Dengan membabi buta doi meperin itu kertas ke muka anak-anak lain sambil ketawa-ketawa liar.
Gue yang masih sayang muka gue, berusaha menghindar dari bahaya yang mengancam keperjakaan gue. Dengan jurus berlari tanpa bayangan, gue melesat keluar kelas.
Di luar kelas, tiba-tiba gue ngerasa haus. Gue liat keran air di depan kantor kepala sekolah, gue  mikir.
“Udah cukup banyak gue minum dari keran itu hari ini. Gue ga mau mencret. Gue pengen sekolah terus sampe lulus.”
Gue rogoh kantong celana gue. Berharap nemu sekeping uang logam.
Kosong.
Gue rogoh kantong baju gue. Oh, apa ini?
Gue merasakan sesuatu. Duit nyelipkah?
Gue raba-raba lagi.
Geli.
Oh itu tete gue sendiri.
Oke, demi perjalanan gue menuju rumah yang sangat jauh (bagi gue) dengan jarak 250 meter. Dan gue nggak mau di tengah perjalanan pulang gue tiba-tiba semaput, maka gue lirik-lirik genit keran air didepan kantor kepsek.
Gue pun berhalusinasi.
Di otak gue keran itu terlihat seakan-akan melambaikan selangnya dengan aduhai, “Ayo siniii.. Airku menyegarkan lho..”
Mirip abang-abang penyewa gimbot, yang selalu menggoda bocah-bocah SD buat nyewa mainannya untuk hal yang sia-sia.
Akhirnya gue putuskan sedikit ‘berkorban’ dengan minum air ‘jahanam’ itu.
“Oh pupuslah sudah masa depan gue. Kejantanan gue ternodai oleh keran dan selang jahanam..”
Tapi sebelum gue sempet muter tuas keran, ketika gue nunduk gue nemu sesuatu. Bulat. Pipih. Mengkilat. Dan itu terbuat dari logam. Sebuah uang recehan!
 “Ya Allah… Kau telah menunjukkan kebesaran-Mu kepada hamba saat ini.. Terima kasih ya Allah.. Alhamdulillah..”
Gak berhenti bersyukur saat itu, dengan suka cita gue pungut duit 100 perak yang bagi gue seperti nemu oasis di tengah padang pasir. Dengan senyuman genit dan pelukan penuh kemesraan pada si cepek itu, gue pun akhirnya dengan riang gembira berjalan sambil lompat-lompat kecil menuju abang tukang es didepan gerbang sekolah.
“Es teh Bang, satu.” Dengan penuh semangat gue beli es teh.
Begitu es teh udah ditangan, baru aja mulut gue monyong berharap segera berciuman dengan ujung sedotan, tiba-tiba, “Plaaakk!”
“Huwahuahuahuahuahuahua..”
Kampret! Muka gue kena peper si Wulan!
Es gue sampe jatoh saking kagetnya gue. Dengan penuh emosi gue kejar si Wulan. Mirip Batman kejar-kejaran sama kucing garong.
Gue nggak nyangka si Wulan ini jago berkelit. Kemanapun gue kejar, doi selalu bisa ngehindar. Gue kejar ke kanan, doi berkelit ke kiri. Gue kejar ke kiri, doi berkelit ke kanan. Gue kejar ke depan, doi ke belakang.
Sebenarnya kalo gue inget-inget, ketimbang kejar-kejaran kayak Batman vs kucing garong, malah lebih mirip kejar-kejaran dua sejoli di film-film india. Tinggal dikasih musik, kami bernyanyi, dan abang-abang pedagang lainnya ikutan joget bareng. Akhirnya diakhiri dengan saling berpegangan tangan di balik pohon. Hiihh..
Akhirnya setelah kejar-kejaran tanpa lelah, dan tanpa iringan joget abang-abang pedagang, gue berhasil tangkep tangan si Wulan. Gue berusaha rebut kertas yang dipegangnya. Tapi tiba-tiba doi buang kertasnya dan nekat nyakar muka gue!
Oh harga diri gue jatuh. Secara reflek gue ayunkan tangan kanan gue yg mengepal keras. Paakk! Tepat sasaran. Kena mata. Wulan nangis.
Saat itu gue langsung tersadar. Gue kayaknya abis kesurupan. Kesurupan jin Bruce Lee. Tapi ini situasi yang buruk.
Mampus gue!
Cewek dimana-mana klo dapet perlakuan kasar dari cowok, pasti nangis. Dan kalo udah nangis, temen-temen ceweknya pasti langsung ngerubungin dia. Termasuk salah satunya cewek idaman gue. Saat itu harga diri gue semakin jatuh. Udah kena korban usil cewek, dan sekarang gue bakal di cap sebagai tukang jagal cewek. Masa depan gue makin terlihat suram.

Malamnya, baru aja gue tidur. Tiba-tiba nyokap bangunin gue.
“Le, bangun le!”
Gue pun terbangun sambil kebingungan. “Apaan sih ma? Bagus kan baru aja merem.”
“Tadi kamu ngapain di sekolah?”
“Ngapain apaan? Sekolah ya belajar. Emang ada apa sih?”
“Tadi bapaknya Wulan kerumah sambil marah-marah. Bawa golok pula. Kamu apain anaknya? Mama khawatir nih.”
Jegeerr!!
Bak kesamber petir di malam bolong gue langsung ciut. Keringet dingin, kaki gemeteran, dan perut gue mules.
Dalem hati gue sempet berpikir. Inilah akhir dunia gue.
Gue bakalan mati dibacok bokapnya Wulan.
Ohh.. Selamat tinggal Trio Kwek-kwek.
Akhirnya gue ceritain apa adanya ke nyokap.

“Ayok sekarang juga ikut mama. Kita kerumahnya Wulan. Kita selesein baik-baik. Mumpung bapak belom pulang.” Nyokap ngajak gue langsung kerumah Wulan sebelum bokap gue pulang kantor.
Bokap gue emang orangnya rada keras. Bokap emang bukan orang militer, tapi emang bawaan keluarga besarnya sifatnya rada keras, tegas, dan nggak neko-neko. Sampe ketauan bokap kalo gue mukul cewek bisa-bisa gue bakal disuruh tidur di garasi dan gue bakal dilarang ikut latihan beladiri lagi, bahkan gue bakalan didaftarin kursus balet. Gue nggak mau itu terjadi. Gue masih pengen tumbuh jadi cowok macho.
Akhirnya gue ikut nyokap kerumah Wulan. Gue pun klarifikasi apa yang terjadi. Gue dan nyokap minta maaf. Wulan juga akhirnya ngaku kalo semua itu gara-gara keusilannya juga. Dan akhirnya masalah terselesaikan. Mister Krab pun senang resep rahasianya aman kembali dari plankton. Dan Bikini Bottom pun damai kembali.
Sejak saat itu Wulan sedikit berubah, nggak lagi usil kayak dulu. Seenggaknya kalo ke gue. Tapi pas adek gue masuk SD, kebetulan seangkatan sama adeknya Wulan. Yang gue denger dari adek gue, keusilan dan ke-preman-an si Wulan, menurun ke adeknya. Nah lho!

*****

Pesan Moral:
“Beladiri itu penting. Tapi yang perlu diingat, beladiri bukan olahraga self-defense untuk dipamerkan gagah-gagahan apalagi untuk bertarung dengan cewek. Kecuali cewek tersebut berjakun dan celananya sedikit menonjol dibagian resleting depannya. Gunakan untuk membela yang lemah dan melindungi si pujaan hati. Bila dirasa lo gak mampu ngelawan, berdoalah, semoga Tuhan bersama kalian..”
(bgtg_182)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca tanpa komeng, sama aja Kentut tanpa bau..